Tuesday, January 19, 2016

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Pendirian Sebuah CV? baca di Daftar Harga & Tarif

Para pelaku usaha kini makin dituntut untuk sadar hukum. Salah satu syarat yang dianggap cukup mendesak untuk segera dilakukan oleh para pelaku usaha adalah mendirikan CV perusahaannya. Pendirian CV ini juga akan sangat berguna ketika pebisnis tersebut hendak bermitra dengan instansi pemerintah sebagai rekanan.

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Pendirian Sebuah CV?

Perseroan Komanditer yang biasa disingkat CV (Comanditaire Vennootschap) ini adalah suatu Bentuk Badan Usaha yang paling banyak digunakan oleh para Pengusaha Kecil dan Menengah di Indonesia. Rancangan Undang-Undang (RUU) Usaha Perseorangan dan Badan Usaha Bukan Badan Hukum juga mengatur persekutuan komanditer, atau yang lazim dikenal dengan CV. Menurut Pasal 1 butir 5 RUU, CV adalah badan usaha bukan badan hukum yang mempunyai satu atau lebih sekutu komplementer dan sekutu komanditer.


Pengertian CV dijelaskan dalam Pasal 19 Kitab Undang-undang Hukum Dagang (KUHD). Dalam pasal itu disebutkan bahwa CV adalah perseroan yang terbentuk dengan cara meminjamkan uang, yang didirikan oleh seseorang atau beberapa orang persero yang bertanggung jawab secara tanggung renteng dan satu orang pesero atau lebih yang bertindak sebagai pemberi pinjaman uang.

Dalam melangsungkan kegiatan usahanya, aktivitas bisnis CV dilakukan oleh para pesero aktifnya. Mereka-lah yang bertanggungjawab untuk melakukan tindakan pengurusan atau bekerja di dalam perseroan tersebut.

0 comments

Post a Comment